Mensdaily – Setelah lebih dulu dinikmati kreator Buat area Amerika Perkumpulan dan Korea Selatan, kini program afiliasi YouTube Shopping Formal rilis di Indonesia.
Indonesia disebut menjadi negara pertama di Asia Tenggara atau South East Asia (SEA) yang meluncurkan program YouTube Shopping. Selanjutnya YouTube Shopping bakal segera melenggang ke Daerah SEA lainnya seperti negara Thailand dan Vietnam dalam beberapa minggu mendatang.
Buat menghadirkan YouTube Shopping di Indonesia, YouTube turut berkolaborasi dengan Shopee sebagai Kenalan perdananya yang akan menjadi platform e-commerce Buat memasarkan produk-produk yang dipromosikan melalui video YouTube dari konten kreator di Indonesia.
Dalam acara peluncurannya yang digelar di kantor HQ Google Indonesia di Pacific Century Place Senayan Jakarta Selatan, Travis Katz selaku General Manager & Vice President Shopping YouTube mengungkapkan kepada tim Mensdaily bahwa YouTube Shopping dapat mengkoneksikan pembuat konten dan penggemar sekaligus memberikan rekomendasi produk.
Menurut data internal Google menyebutkan bahwa sebanyak 78% penonton di Indonesia setuju bahwa para kreator Membikin mereka merasa lebih mudah Buat memutuskan Buat pembelian produk dari rekomendasi kreator.
Kemudian sebanyak 91% penonton Indonesia menurut data internal Google disebutkan setuju bahwa kreator akan memberikan Seluruh informasi yang diinginkan pengguna yang dibutuhkan Buat Membikin keputusan yang Pas.
Sama seperti program afiliasi lainnya, tentunya YouTube Shopping juga Mempunyai persyaratan Spesifik yang mana kreator dapat mengikuti program ini harus Mempunyai jumlah pengikut minimal 10.000 subscriber. Selain itu kreator sudah terdaftar dalam program YouTube Partnership.
Program YouTube Shopping akan menjadi bagian multiple revenue stream yang memungkinkan kreator Dapat mendapatkan tambahan komisi sehingga mereka Dapat berpeluang mendapatkan multiple income stream dari satu channel pribadi mereka.
Selain dari video yang ditampilkan melalui jumlah view, komisi juga akan didapatkan kreator dari hasil penjualan sebesar 1% Kalau Eksis salah satu penonton yang berhasil membeli produk dengan mengetuk product showcase pada video yang ditayangkan.
Product Showcase Dapat ditayangkan oleh kreator Bagus di YouTube Short maupun video panjang. Kreator Membikin video Buat merekomendasikan produk dalam video sehingga dapat memudahkan penonton menemukan dan membeli produk yang mereka minati.
Ketika penonton menonton video dengan product showcase dari kreator yang mengikuti program afiliasi YouTube Shopping, mereka dapat langsung Dapat Menyaksikan harga, informasi produk, dan Dapat mengetuk product showcase tersebut Buat membelinya yang akan dialihkan ke platform Shopee website atau aplikasi di handphone.
Ajay Vidasagar selaku Regional Director YouTube APAC menyampaikan bahwa diluncurkan YouTube Shopping di Indonesia Ketika ini adalah waktu yang Pas karena sebelumnya pihaknya telah mempersiapkan produk dan ekosistem brand.
Kerjasama dengan Shopee dipilih pihaknya karena Shopee telah menjadi e-commerce di Indonesia dengan Variasi Penemuan fitur penjualan seperti live streaming. Selain itu Shopee menyediakan wadah bagi para UMKM lokal Buat lebih mengembangkan bisnis mereka sehingga Dapat memperluas pasar.
Monica Vionna selaku Senior Director of Marketing Growth, Shopee Indonesia menyebutkan bahwa dengan YouTube Shopping menjadikan pelaku UMKM yang Eksis di Shopee maupun di YouTube Dapat menambah pangsa pasar baru sehingga Dapat berkembang lebih besar Kembali.
Bagi Monica, kehadiran YouTube Shopping Kagak Eksis kata terlambat di Indonesia dan Seluruh Niscaya butuh persiapan dan kesiapan sistem Buat Dapat terintegrasi dengan Bagus. YouTube Shopping bagi Monica akan menambah Kesempatan baru bagi para UMKM lokal karena di YouTube Mempunyai tipe-tipe konten dan juga kreator yang berbeda dibandingkan dengan TikTok.