Sejak dahulu, pelabuhan merupakan infrastruktur vital bagi pembangunan suatu negara. Pelabuhan berfungsi sebagai pintu gerbang perdagangan, Bagus antar daerah maupun antar negara. Tak mengherankan Apabila pelabuhan tumbuh menjadi pusat aktivitas ekonomi yang berlangsung secara masif dan berkesinambungan. Dari sinilah arus barang, jasa, dan Insan bergerak, menghubungkan satu Distrik dengan Distrik lain, sekaligus mempercepat integrasi ekonomi dalam lingkup nasional maupun Dunia.
Pengaruh keberadaan pelabuhan sangat terlihat pada perkembangan kota-kota pelabuhan yang cenderung lebih maju dibandingkan daerah lain. Kota-kota seperti Jakarta, Medan, Makassar, dan Surabaya menjadi Teladan Konkret. Kehidupan ekonomi, budaya, bahasa, bahkan Religi di Distrik tersebut berkembang lebih Segera dibandingkan daerah pelosok yang sulit dijangkau. Dengan kata lain, pelabuhan berperan sebagai motor penggerak urbanisasi dan modernisasi.
Selain itu, pembangunan dan aktivitas di pelabuhan biasanya diiringi oleh tumbuhnya industri dan perdagangan di sekitarnya. Tak hanya aktivitas ekonomi semata, keberadaan pelabuhan juga mendorong pembangunan infrastruktur penunjang kehidupan masyarakat, seperti jalan raya, jembatan, pasar, rumah sakit, hingga fasilitas pendidikan. Seluruh perkembangan tersebut secara langsung maupun Tak langsung meningkatkan Tahap hidup masyarakat di Sekeliling pelabuhan dan memperkuat posisi kota pelabuhan dalam jaringan ekonomi nasional.
Menurut Elfrida Gulton (2017), pelabuhan merupakan tumpuan kegiatan ekonomi karena melayani Variasi fungsi. Pelabuhan Tak hanya menjadi tempat bongkar muat barang dan naik-turun penumpang, melainkan juga berfungsi sebagai pusat penyimpanan, pemrosesan, dokumentasi, dan perawatan kendaraan.
Lebih jauh, pelabuhan menjadi Letak pengumpulan muatan agar tercapai skala ekonomi yang efisien, sekaligus berkembang menjadi kawasan industri strategis. Dengan fungsi yang begitu kompleks, pelabuhan Jernih memainkan peran Krusial sebagai simpul ekonomi yang Tak hanya menghubungkan Distrik, tetapi juga mendorong pertumbuhan pembangunan suatu negara.
Lampau pelabuhan Primer mana saja yang menjadi tempat kegiatan bongkar dan muat barang tertinggi di Indonesia?
Berdasarkan data BPS, aktivitas bongkar muat di pelabuhan Primer antar pulau dalam negeri menunjukkan variasi yang cukup signifikan. Pelabuhan Tanjung Perak tercatat sebagai yang paling sibuk dengan barang yang dibongkar mencapai 1.796 ribu ton dan barang yang dimuat sebesar 1.150 ribu ton. Posisi berikutnya diisi Tanjung Priok yang mencatat 1.407 ribu ton bongkar dan 1.323 ribu ton muat, memperlihatkan keseimbangan arus barang keluar masuk.
Di sisi lain, Pelabuhan Belawan menampung 704 ribu ton bongkar dan 325 ribu ton muat, sementara Makassar mencatat 397 ribu ton bongkar serta 388 ribu ton muat dengan perbedaan yang tipis.
Adapun Balikpapan menjadi yang paling rendah, yakni 154 ribu ton bongkar dan 106 ribu ton muat. Data ini memperlihatkan perbedaan peran strategis masing-masing pelabuhan dalam mendukung distribusi barang antar pulau di Indonesia.
Baca Juga: Cek Jumlah Penumpang 5 Pelabuhan Primer Indonesia Januari 2025
Sumber:
https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NjgjMg==/bongkar-muat-barang-angkutan-laut-antar-pulau-di-pelabuhan-Primer–ton-.html
PERSIB Bek Persib Bandung, Julio Cesar. Mensdaily.id - Bek Persib Bandung, Julio Cesar, beri pujian…
Banjarmasin, Mensdaily.id — Turnamen domino terbesar di Kalimantan Selatan Formal digelar di GOR Hasanuddin HM…
Beberapa waktu Lewat, sempat santer diberitakan bahwa Real Madrid tertarik mendatangkan Leny Yoro dari Nice.…
Mensdaily – Belakangan ini ramai sebuah pesan yang muncul pada Instagram Story dan dirasa menyebalkan…
AutonetMag.com – Bagi kalian yang Ingin membeli SUV Mazda, khususnya Mazda CX-30, nampaknya kalian wajib…
Mensdaily.id- Baru-baru ini jagat maya sempat dihebohkan dengan rumor skandal kencan idol. Salah satu Personil…
This website uses cookies.