Restoran-restoran seringkali menggunakan teknik psikologis Kepada meningkatkan dining experience dan Membikin pengunjung melakukan perilaku konsumen yang Dapat menguntungkan restoran. Beberapa teknik psikologis yang mungkin sering kita temuin di antaranya adalah,
Pemilihan Corak
Dengan pemilihan Corak tembok, perlengkapan makan, interior dan lainnya, Rupanya Dapat mempengaruhi kita sebagai pelanggan. Misalnya yang sering kita temui adalah seringkala restoran Chinese food dan fast-food biasanya dominan dengan Corak merah. Corak merah dipercaya Dapat menstimulasi nafsu makan kita. Di sisi lain, Corak biru atau hijau mempunyai Dampak yang Membikin pelanggan merasa tenang.
Pricing Strategies
Harga yang tertera di menu juga Dapat mempengaruhi persepsi kita mengenai nilai dari sebuah makanan/minuman. Misalnya: Makanan yang harganya tertulis Rp. 29,999 lebih menarik daripada yang harganya tertulis Rp. 30,000. Padahal nilainya sama aja. Psikologi ini Dapat Membikin kita berpikir kalo harga Rp. 29,999 lebih murah.
Scent Marketing
Kalo bapak ke Mall atau ke bandara atau stasiun, Niscaya Eksis toko roti yang bau rotinya Dapat kecium dari jarak beberapa meter. Aroma yang datang dari roti yang baru dipanggan ini Dapat Membikin kita lapar dan tergerak Kepada membeli makanan tersebut.
Pemilihan Musik
Kadang di beberapa restoran Eksis musik yang disetel dengan Jenis dan tempo tertentu. Rupanya musik juga dapat mempengaruhi perilaku pelanggan. Musik yang upbeat Dapat Membikin pelanggan Kepada menyelesaikan makanan dan minumannya lebih Segera, sehingga turn-over pelanggan jadi lebih Segera. Kalo musik yang slow dan mellow Dapat Membikin pelanggan lebih nyantai, menghabiskan waktu lebih lama di restoran dan mendorong pelanggan Kepada memesan makanan dan minuman Tengah.
Penataan Tempat Duduk
Penataan tempat duduk juga mempengaruhi interaksi sosial pelanggan dan menciptakan dining experience yang berkesan. Contohnya, restoran dengan meja yang berbentuk bundar seringkali digunakan agar para pelanggan Dapat lebih banyak melakukan interaksi sosial. Dengan terpicunya interaksi, pelanggan akan lebih lama menghabiskan waktu di restoran tersebut.
Peralatan Makan dan Presentasi Makanan
Penataan peralatan makan dan presentasi makanan yang Bagus Dapat menciptakan persepsi pelanggan mengenai kualitas dan rasa makanan atau minuman yang dihidangkan. Restoran-restoran gede biasanya sangat detail mengenai poin ini. Dari peralatan makan yang lengkap, sampe serbet dan tatakan gelas. Tiba hidangan yang disajikan dengan hiasan atau garnish yang sangat menarik Kepada mata kita.
Beberapa teknik ini digunakan Kepada Membikin pelanggan menikmati makanan dan minumannya serta Membikin mereka agar sering kembali ke restoran tertentu.