Lifestyle

Sempat Trending, Rupanya Ini 5 Argumen Cowok Lebih Suka Belanja di Tokopedia!

Nama Tokopedia sempat masuk dalam daftar trending 30 besar di platform X sejak Selasa (13/5) karena tengah menjadi topik perbincangan hangat di antara para pengguna, khususnya para Pria. Hal ini diawali oleh cuitan dari salah seorang pengguna yang mempertanyakan Argumen banyaknya pria di Indonesia lebih memilih belanja produk di Tokopedia.

Pertanyaan tersebut sebenarnya wajar saja, tetapi juga mengundang penasaran banyak orang karena sudah bukan rahasia Lumrah Apabila harga produk di Tokopedia jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan e-commerce lain. Ditambah Tengah, sejak Tokopedia dan Gojek merger atau melakukan penggabungan usaha, aplikasi belanja online yang satu ini Tak kehilangan para pelanggan setianya. Khususnya cowok-cowok yang diketahui Suka belanja barang elektronik dan produk fashion.

Menurut UMKM Indonesia, barang elektronik, otomotif, dan produk fesyen masuk dalam jajaran 10 barang terlaris di Tokopedia sepanjang kuartal ke-3 2023 dan hal ini dibenarkan oleh data dari pihak Tokopedia pada 2024 Lampau.

Apabila Menyantap tren dan perilaku belanja, persentase Pria yang belanja di Tokopedia jauh lebih tinggi daripada Perempuan, yakni 21% pada 2020, sementara Perempuan hanya 9% dan sebesar 58% pada 2022. Data tersebut menunjukkan kalau user Tokopedia memang didominasi oleh Pria ketimbang Perempuan.

Tetapi apa yang menyebabkan cowok-cowok lebih suka belanja di Tokopedia daripada marketplace lain? Simak analisis Hipwee di bawah ini!

Baca Juga:  Penjualan Suzuki Naik 12% di Februari, Carry Kembali Mendominasi

Penyebab Pria Lebih Suka Belanja di Tokopedia

1. Desain UI/UX yang dinilai lebih ringan dan nggak ribet

Sempat Trending, Ternyata Ini 5 Alasan Cowok Lebih Suka Belanja di Tokopedia!

Halaman aplikasinya nyaman banget, kan?

Apa itu UI/UX? UI (User Interface) adalah tampilan yang dilihat pengguna secara langsung, sedangkan UX (User Experience) merupakan pengalaman yang dirasakan oleh pengguna Begitu membuka maupun menggunakan aplikasi. Keduanya berkaitan dengan tombol navigasi, Corak dan desain halaman, serta menjawab atau tidaknya kebutuhan mereka.

Tokopedia Mempunyai UI/UX yang asyik, ringan, dan nggak ribet. Halaman Penting aplikasi Tokopedia juga menampilkan kategori yang mudah dipahami. Mulai dari daftar Saldo & Points, kategori riwayat pencarian produk, Flash Sale, rekomendasi produk Kepada pengguna, hingga fitur yang menjadi kebutuhan Penting pengguna (Feed berisi brand yang diikuti, Promo produk, daftar Transaksi yang Bisa dilihat langsung, Tamat Akun pribadi).

UI/UX Tokopedia inilah yang memikat para pria karena dinilai lebih praktis, on point, dan user friendly bahkan bagi pengguna baru.

2. Tokopedia menampilkan hasil pencarian barang sesuai yang dicari oleh pembeli

Sempat Trending, Ternyata Ini 5 Alasan Cowok Lebih Suka Belanja di Tokopedia!

Cari barang apa pun, langsung keluar yang Engkau mau

Argumen selanjutnya kenapa cowok-cowok lebih suka belanja barang di Tokopedia adalah hasil pencarian produk yang muncul sesuai dengan kebutuhan atau pun keinginan mereka. Misalnya saja, pengguna mengetikkan “kaos putih” di kolom pencarian Tokopedia, hasil yang muncul Betul-Betul sesuai dengan kata kunci tersebut.

Baca Juga:  GIIAS 2024: Porsche Hadirkan Panamera dan Taycan Generasi Baru

Ya, meskipun Terdapat tampilan iklan kaos Corak lain, tetapi jumlahnya cenderung sangat sedikit dan Tak mendominasi. Hal ini berbeda dengan Shopee, ketika pengguna mencari “kaos putih” di kolom pencarian, hasil yang muncul bukan hanya kaos berwarna putih saja, akan tetapi juga Corak lain seperti krem, pink, cokelat, dan lainnya dengan jumlah yang relatif banyak (bervariasi).

Dengan begini, Tokopedia memang lebih cocok Kepada kebutuhan pria, sementara Shopee lekat dengan Perempuan yang sangat Suka menghabiskan waktu Kepada memilih bahkan Bisa berubah pikiran ketika Menyantap opsi-opsi lain.

3. Tak Terdapat Pop Up Live Video di Tokopedia Begitu pengguna mengklik sebuah produk

Sempat Trending, Ternyata Ini 5 Alasan Cowok Lebih Suka Belanja di Tokopedia!

Tampilan video di Tokopedia yang sudah dikategorikan di fitur Feed

Halaman aplikasi Tokopedia Bisa dikatakan cukup simple. Hal ini Bisa dilihat Tak adanya tampilan pop up live video yang muncul setiap kali pengguna mengklik sebuah produk. Selain itu, video-video yang menampilkan value produk, affiliate, dan sebagainya sudah dikelompokkan ke dalam fitur Feed.

Berbeda dengan Shopee yang memunculkan pop up live Shopee setiap kali pengguna mengklik sebuah produk di halaman Penting maupun lewat kolom pencarian barang.

Singkatnya, Tokopedia menampilkan etalase yang rapi sehingga pengguna merasa nyaman, sementara Shopee Ingin menarik minat pembeli melalui live video para seller. Bagi pengguna yang Mempunyai HP spek tinggi, mungkin Tak akan menjadi masalah, tetapi bagi pengguna yang Lagi menggunakan smartphone low end, tentu bikin perangkat mereka mudah panas dan lemot.

Baca Juga:  7 Jenis Tas Perempuan dengan Desain Terkini yang Sedang Terkenal

4. Tokopedia lebih sering merekomendasi brand lokal

Sempat Trending, Ternyata Ini 5 Alasan Cowok Lebih Suka Belanja di Tokopedia!

Banyak brand lokal bertebaran di Tokopedia

Argumen cowok-cowok juga suka belanja online di Tokopedia adalah karena aplikasi ini selalu merekomendasikan dan cenderung menampilkan brand lokal Kepada pengguna Begitu mencari produk. Tak Acuh jenis barang yang akan dibeli, Tokopedia selalu menampilkan berbagai brand maupun toko lokal dari berbagai kota di Nyaris seluruh kategori. Bagus itu otomotif, fesyen, peralatan tukang, dan sebagainya.

Strategi tersebut Membikin banyak pengguna, terutama para pria mengetahui nama-nama brand lokal baru yang terdaftar di Tokopedia. Checkout barang pun lebih mudah, Tak memakan banyak waktu, dan risiko terkena penipuan/plagiasi produk juga lebih kecil.

5. Jumlah promo atau diskon memang sedikit, tetapi dibarengi dengan fitur yang disukai para pria masa kini

Sempat Trending, Ternyata Ini 5 Alasan Cowok Lebih Suka Belanja di Tokopedia!

Fitur di Tokopedia yang disukai para cowok

Meski jumlah diskon, promo, dan potongan Tak sebanyak apalagi sesering marketplace lain, akan tetapi Tokopedia juga menawarkan beberapa kelebihan yang Bisa menjawab kepuasan konsumen, terutama para pria.

Misalnya saja tersedia fitur Kondisi (Baru dan Bekas), Dilayani Tokopedia, hingga jenis ketersediaan produk (PreOrder & Ready Stock). Berbeda dengan Perempuan yang condong menyukai barang-barang baru, kebanyakan pria terkadang memilih membeli barang bekas tetapi layak Mengenakan sehingga Bisa menghemat pengeluaran belanja.

Dari penjelasan di atas, Engkau juga punya pengalaman yang sama nggak, SoHip?

MensDaily hadir di tengah kesibukan dan tuntutan hidup, pria butuh ruang untuk mendengarkan, mengemukakan pendapat, dan mendapatkan inspirasi.

Get Latest Updates and big deals

    Mens Daily @2025. All Rights Reserved.