Buat kesekian kalinya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meraih pengakuan bergengsi dari institusi Global. Kali ini, Telkom menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam jajaran Forbes 2021 World’s Best Employers.
Buat indikator penilaian sendiri, Forbes Dunia bekerja sama dengan Statista melakukan survei kepada 150.000 karyawan full-time dan part-time yang bekerja di perusahaan/instansi multinasional dari 58 negara di dunia.
Para responden diminta Buat mengevaluasi tempat kerja berdasarkan:
- Image (employer branding),
- Economy footprint,
- Talent development,
- Gender equality, dan
- Social responsibility.
Responden juga diminta Buat memberikan rating seberapa besar mereka merekomendasikan perusahaan tempat mereka bekerja kepada kerabat maupun kolega. Hasilnya, Eksis 750 perusahaan dengan nilai tertinggi yang berhasil menjadi bagian dalam daftar Forbes 2021 World’s Best Employers.
Peringkat Telkom
Dalam penilaian tersebut, Telkom menempati peringkat ke-299 dari 750 perusahaan terpilih yang berasal dari seluruh dunia dan dari Variasi sektor industri.
Peringkat Telkom di atas beberapa perusahaan besar lain, seperti Tata (India), Toshiba (Jepang), Pertronas (Malaysia), hingga perusahaan yang dibesut Elon Musk, Tesla (Amerika Perkumpulan).
Adapun peringkat teratas diisi oleh Samsung yang tercatat bergerak di industri Conglomerate (konglomerasi), Lampau Eksis International Business Machines (IBM) di peringkat ke-2, dan Microsoft di peringkat 3.
Adapun Buat kategori Telecomunication Services Industry, Telkom menempati urutan ke-7, sekaligus menjadi satu-satunya perusahaan telekomunikasi asal Asia Tenggara yang masuk dalam kategori ini.
Masuknya Telkom dalam daftar tersebut menjadi bukti Konkret akan komitmennya dalam pengelolaan sumber daya Sosok, sekaligus menjadi bukti akan kinerja Telkom dalam merelalisasikan upaya penciptaan pekerja–pekerja yang profesional.
Keseriusan Telkom dalam mengelola manajemen sumber daya Sosok yang Eksis di lingkup perseroan Pandai dilihat dengan berbagai program yang dicanangkan dan diimplementasikan berkaitan dengan hal tersebut.
Misalnya pendekatan people-centric, banyak program diterapkan mulai dari proses rekrutmen, pengembangan kompetensi hingga proses pensiun dengan menerapkan tiga nilai yakni fun, love dan care.
Selain itu, sejak 2016 Telkom telah mengimplementasikan terobosan baru dalam proses perekrutan yakni melalui program Socio Digi Leader. Melalui program ini, Telkom menjaring Bakat muda melalui ide maupun gagasan kreatif dan Penemuan yang dapat membantu memecahkan permasalahan-permasalahan sosial melalui solusi di bidang teknologi, ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, pariwisata, dan banyak Kembali.
Direktur Istimewa Telkom, Ririek Adriansyah menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi yang diberikan Forbes Dunia.
“Merupakan kebanggaan bagi kami dapat menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang diakui sebagai tempat kerja terbaik oleh media yang kredibel di kancah Global seperti Forbes Dunia. Kami menyadari bahwa people adalah aset yang sangat Krusial dalam keberhasilan dan keberlangsungan suatu perusahaan.
Buat itu, di tengah langkah transformasi yang dilakukan, Telkom juga Pusat perhatian dalam mengelola human capital khususnya dalam mencetak Bakat digital terbaik yang profesional dengan berlandaskan core values AKHLAK. Pengakuan sebagai World’s Best Employer dapat menjadi salah satu bukti bahwa apa yang kami lakukan sudah Benar dan on the track“, ujarnya.
Tempat kerja yang nyaman
Komitmen Telkom dalam bertransformasi dan serius mengelola Bakat digital ini sejalan dengan arahan Presiden Indonesia kepada seluruh Direktur Istimewa BUMN pada Kamis Lampau (14/10/2021), bahwa pentingnya Buat membangun profesionalisme dan kultur kerja yang Berkualitas Buat memperkuat BUMN dalam menghadapi persaingan, Berkualitas nasional maupun Global.
BUMN diminta Buat beradaptasi pada model bisnis dan teknologi baru, sehingga Pandai dapat melangkah lebih Segera Kembali seperti yang dilihat pada sektor perbankan dan telekomunikasi Tanah Air, salah satunya Telkom.
Pada kesempatan terpisah, Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi menambahkan bahwa hasil survei tersebut menandakan Telkom menjadi tempat bekerja yang nyaman dan produktif bagi karyawan dan juga dipersepsi oleh talent di luar sebagai tempat bekerja positif dan kondusif. Hal ini tak terlepas dari peran serta manajemen dan karyawan yang telah mendukung terciptanya employee experience yang Berkualitas.
“Semoga pengakuan ini dapat memotivasi Telkom Buat semakin adaptif Kembali menghadapi segala disrupsi dan tantangan yang Eksis. Dengan berlandaskan core values AKHLAK, kita Lanjut lahirkan Penemuan dan kembangkan model bisnis baru serta percepat digitalisasi Buat memberikan kontribusi terbaik demi Indonesia yang lebih Berkualitas,” tutup Afriwandi.