Mensdaily.id – Sebagai distributor dan agen pemegang merek (APM) kendaraan Isuzu di Indonesia, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Maju mendukung program Pemerintah yang sejalan dengan industri otomotif. Salah satunya Making Indonesia 4.0, merupakan strategi pemerintah Demi memajukan Segala ekosistem bisnis Industri di Indonesia. Dalam program tersebut, para pelaku industri diminta Demi meningkatkan produktivitas dengan melakukan transformasi digitalisasi.
Proses Mendapatkannya
Salah satu yang termasuk ialah industri otomotif, dimana Isuzu termasuk sebagai bagian dari 7 lini bisnis yang disasar pemerintah. Isuzu sendiri sudah melakukan Self Assessment INDI 4.0 pada bulan September 2023, dengan melewati berbagai proses seperti mendapatkan pendampingan dan pengarahan dari Kementerian Perindustrian. Sementara Pengecekan lapangan dan Berkas terkait Implementasi Digitalization Bagus di manufacturing dan distributor dilakukan pada bulan November 2023.
Hasilnya, Isuzu sukses meraih sertifikat Indonesia Industri 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) dari Kementerian Perindustrian pada bulan Juni 2024. INDI 4.0 merupakan standar acuan Demi mengukur tingkat kesiapan perusahaan Demi bertransformasi ke era industri 4.0. Terdapat lima pilar penilaian keterkaitan perusahaan dengan industri 4.0 Yakni Manajemen dan organisasi, Orang & Budaya, Produk & Layanan, Teknologi, serta Operasi Pabrik.
Pertama di Sektor Kendaraan Komersial
Setelah mendapat sertifikasi dari pemerintah ini, Isuzu diakui sebagai perusahaan yang mengikuti program “making 4.0” dari Kementerian Perindustrian. Keunggulannya, Isuzu menjadi 1 dari 60 perusahaan di Indonesia yang Mempunyai score INDI 4.0 > 3.0. Hebatnya Tengah, di sektor Commercial Vehicle (CV) Isuzu menjadi pertama di Indonesia yang Mempunyai Certificate INDI 4.0.
Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Yusak Kristian mengatakan, “Pencapaian tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa visi perusahaan menjadi World Class Manufacturing mulai tercapai, sekaligus dapat meningkatkan performa perusahaan agar lebih Bagus Tengah ke depannya. Kami berharap keberhasilan seperti ini Kagak berhenti Tiba di sini saja, tetapi Isuzu juga harus Maju melakukan transformasi 4.0 di Segala lini Demi mencapai operation Excellence dan Act with Customer,”