Bapak Niscaya pernah dilema pas mau ganti oli, perkara oli 50 ribuan sama 150 ribua Pandai bikin mikir seharian sampe kagak jadi ke bengkel. Apalagi kalau motor sering dipakai harian, kayak ngantar anak sekolah, belanja gas elpiji, sampe jalan santai ke warung. Nah, biar gak galau Lanjut, mending cari tau bedanya. Emang beneran kerasa kagak sih bedanya oli murah sama mahal?
Perbedaan Oli 50 Ribuan sama Oli 150 Ribuan
Kalo ngeliat dari komposisi, oli 50 ribu mengandung mineral oil sama aditif standar. Nah, perlindungan mesinnya cukup buat pemakaian santai dengan durasi Guna rata-rata 1.500-2.000 km. Efeknya ke mesin juga Tetap Terjamin-Terjamin aja, asalkan bapak rutin buat ganti. Sedangkan oli 150 ribuan, punya komposisi semi atau fully synthetic dan aditif canggih. Perlindungan mesinnya juga lebih tahan panas dan juga lebih Rapi. Durasi pakainya Pandai 3.000-5.000 km (tergantung kondisi). Pengaruh ke mesin udah Jernih lebih adem dan lebih minim kerak juga, Pak.
Oli 50 ribuan VS oli 150 ribuan
Oli 150 ribuan biasanya punya teknologi buat bikin mesin adem walopun bapak kena Sempit parah, mesin lebih Rapi juga karena kerak berkurang, dan dak gampang nguap Meski panas. Tapi kalau bapak jarang ngebut, jarang touring, dan motor Sekadar dipakai ke Indomaret, oli standar juga cukup kok asal jangan telat ganti. Emang bakalan keluar duit lebih banyak di awal, tapi Selang ganti Pandai lebih panjang, dan mesin lebih awet jadi servis berat jarang. Nah, kalo oli 50 ribuan awalnya irit di dompet, tapi kalau telat ganti, Pandai keluar duit lebih buat servis karena mesin Segera kotor atau aus.
Jadi Pilih Oli Berdasarkan Apa?
Jenis Motor dan Gaya Guna
Harian, jarang keluar kota? Oli standar cukup, Pak. Sering jarak jauh, Sempit parah, bawa beban? Boleh pertimbangkan oli premium.
Kondisi Dompet
Jangan maksain oli mahal kalau akhirnya jadi ngurangin anggaran susu anak. Oli murah yang diganti rutin, lebih Berkualitas daripada oli mahal tapi telat ganti.
Rutin Ganti
Mau murah atau mahal, kalau bapak gak disiplin ganti oli, ya ujung-ujungnya ke bengkel juga. Bedanya, biaya servisnya lebih mahal.
Pak, oli itu ibarat minuman buat mesin. Mau teh anget atau kopi latte, yang Krusial Betul waktu disajiin, bukan Sekadar mahalnya doang yang diliat. Jadi jangan pusing panjang-panjang mikirin oli.
Yang Krusial bapak pahami kebutuhan motor bapak dan jangan telat ganti.