Tren mempromosikan produk lewat idola Korean pop (Kpop) kian marak Ketika ini. Berbagai brand berlomba-lomba Demi Memajukan Gambaran serta Bilangan penjualan produk mereka dengan mengandalkan Seniman atau idola Kpop sebagai bintang iklan hingga brand ambassador.
Produk makanan dan minuman pun tak luput dari tren pemasaran yang satu ini. Berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center (KIC) yang dilakukan pada 20 hingga 29 Juni 2022, Lemonilo jadi merek yang paling sukses di-branding oleh idola Kpop pada tahun 2022 ini dengan raihan sebesar 21,3 persen responden.
Adapun NCT Dream menjadi ikon dari promosi produk mi instan Lemonilo. Selain dalam bentuk iklan, kolaborasi Lemonilo dengan NCT Dream menawarkan hadiah photocard para idola di dalam sejumlah kemasan produk mi instan Lemonilo yang beredar.
Kolaborasi ini memunculkan antusias yang sangat luar Biasa di tanah air. Alhasil, para konsumen terutama NCTzen, Julukan fans NCT berlomba-lomba membeli produk Lemonilo Demi mengadu peruntungan memperoleh photocard para Member NCT Dream.
Sementara itu, posisi ke-2 diraih oleh Mie Sedaap dengan bintang iklan aktor ternama Choi Siwon. Adapun sebesar 19,5 responden teringat pada Choi Siwon Ketika Menonton produk Mie Sedaap.
Posisi ke-3 diraih oleh merek makanan Segera saji McDonald’s yang sempat berkolaborasi dengan BTS dengan raihan sebesar 7,6 persen responden. Meskipun sempat viral dan memperoleh pesanan yang membludak, Tetapi Tak banyak responden yang mengasosiasikan McD dengan BTS.
Posisi ke-4 dan ke-5 diraih oleh Luwak White Coffee dengan bintang iklan Lee Min Ho dan Neo Coffee dengan bintang iklan Lucas, masing-masing memperoleh raihan sebesar 7,4 dan 6 persen pada tahun 2022.
Adapun beberapa merek makanan dan minuman lainnya yang masuk dalam daftar ini antara lain Nu Green Tea – NCT Dream (3,8 persen), Mister Potato – Cha Eun Woo (3 persen), Coca Cola – BTS (2,2 persen), dan Cold Brew Coffee – BTS (2 persen).
Intervensi lain dalam survei ini menunjukkan bahwa strategi pencitraan lewat idola Kpop bukanlah kunci Esensial dalam penjualan produk. Mayoritas penggemar idola Kpop di Indonesia lebih memerhatikan harga, diskon, serta ulasan konsumen dalam berbelanja produk makanan maupun minuman. Hanya sedikit yang membeli produk karena diiklankan oleh idola Kpopnya.