Business

Media Sosial Jadi “Panduan” Mayoritas Masyarakat Indonesia dalam Berinvestasi

Dewasa ini media sosial telah berperan sebagai pusat informasi Sosok dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Mulai dari Informasi terkini tentang dunia, Informasi-Informasi sekunder tentang gaya hidup, olahraga, dan budaya, hingga informasi tersier dapat mudah diakses melalui media sosial.

Tak terkecuali informasi mengenai investasi. Makin hari, tren investasi semakin menjadi perbincangan mayoritas masyarakat dunia. Salah satu pendorongnya tak lain dan tak bukan adalah media sosial itu sendiri.

Rata-rata, masyarakat dapat dengan mudah terpengaruh atas pengalaman-pengalaman orang lain di media sosial. Figur publik atau influencer media sosial inilah yang terkadang juga turut memengaruhi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi.

Hal tersebut dibuktikan dengan data yang ditemui Jakpat dalam laporan surveinya yang bertajuk “2022 Investment Trend” mengenai pertimbangan masyarakat Indonesia dalam memilih platform Demi berinvestasi. Platform yang dipromosikan oleh figur publik atau influencer turut memengaruhi Sekeliling 20 persen responden dalam pemilihan platform investasinya.

Baca Juga:  Indonesia Juara Satu Penjualan Online Food Delivery Tingkat Asia Tenggara

Lebih lanjut, pengaruh ini juga berefek kepada Panduan masyarakat Indonesia dalam Menyaksikan informasi dalam berinvestasi ketika sudah mulai melakukan investasi. Dalam bagian lain dalam laporan survei tersebut, Jakpat mengungkap bahwa mayoritas masyarakat Indonesia menyebut media sosial sebagai sumber informasi utamanya dalam berinvestasi.

Sumber informasi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi | Mensdaily

“Dalam beberapa hari terakhir, media sosial telah menjadi sumber Istimewa Demi Dekat Sekalian hal yang perlu diketahui orang, termasuk mencari informasi terkait investasi (62 persen),” tulis Jakpat dalam laporannya.

“Dibandingkan dengan keluarga, terutama yang dekat, Sahabat atau kolega lebih banyak berbagi informasi tentang investasi (38 persen). Hanya 13 persen responden yang aktif mengikuti kelas atau seminar investasi,” Sambung Jakpat.

Baca Juga:  Inilah Provinsi RI Pengambil Kredit Tertinggi, Tiga Teratas Di Luar Jawa

Media massa menjadi sumber informasi yang menjadi pilihan kedua masyarakat Indonesia dengan pemilih Sekeliling 41 persen responden. Informasi dari Sahabat atau kolega mengikutinya dengan 38 persen.

Sementara itu, situs Formal institusi finansial dipilih oleh 32 persen responden, disusul oleh informasi dari Personil keluarga dengan Nomor 26 persen. Pengalaman figur publik atau influencer turut menjadi informasi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi dengan pemilih Sekeliling 23 persen responden.

Sumber informasi lainnya yang dipilih masyarakat Indonesia antara lain informasi dari keluarga (20 persen), Kekasih (18 persen), kelas investasi atau seminar (13 persen), dan konsultan finansial (9 persen). Sementara itu, terdapat Sekeliling satu persen orang yang menjawab di luar 11 pilihan di atas.

Baca Juga:  Kenaikan UMP 6,5% di Tengah Polemik PPN Naik, Solusi atau Beban Baru?

Mari menjadi bagian responden survei Mensdaily mengenai “Preferensi Fashion Masyarakat Indonesia” dengan mengisi link survei berikut.

bit.ly/FesyenGoodstats

Hadiah saldo eMoney bagi responden terpilih

MensDaily hadir di tengah kesibukan dan tuntutan hidup, pria butuh ruang untuk mendengarkan, mengemukakan pendapat, dan mendapatkan inspirasi.

Get Latest Updates and big deals

    Mens Daily @2025. All Rights Reserved.