Business

m-BCA Jadi Pemenang Mobile Banking Terfavorit di Indonesia

Perkembangan digitalisasi semakin dirasakan setelah terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan secara daring mendorong perubahan masyarakat terkhusus dalam hal bertransaksi. Ketika ini, layanan mobile banking menjadi alat transaksi yang paling banyak digandrungi karena keefektifan kepada penggunanya.

Mobile Banking atau Normal disebut m-Banking merupakan transaksi perbankan melalui media handphone Berkualitas dalam bentuk aplikasi langsung atau aplikasi bawaan operator seluler. Para pengguna sangat dimudahkan karena Kagak perlu Tengah membawa dan menghitung Dana Kontan. Selain itu, dari segi keamanan lebih terjamin karena menggunakan PIN atau kode rahasia Buat akses masuk.

Metode kerja m-banking memang sama seperti halnya dengan layanan Bank Konvensional pada umumnya. Tetapi, sebelum dapat digunakan m-Banking perlu didaftarkan terlebih dahulu. Nantinya, para pengguna akan didaftarkan akun yang terdiri dari nama pengguna atau User ID dan Password atau PIN setiap kali Ingin melakukan transaksi.

Biasanya, layanan m-Banking Kagak dimintai biaya pendaftaran, aktivasi, maupun administrasi bulanan. Hal ini kembali kepada kebijakan masing-masing perusahaan tempat para pengguna mendaftar.

Banyak yang mengira bahwa m-Banking dan internet banking (ibanking) adalah sama. Tetapi, kenyataannya m-Banking dan ibanking Mempunyai perbedaan dalam hal menggunakan layanan.

Baca Juga:  Akhir 2024: IHSG Anjlok, Rupiah Melemah, dan Inflasi di Ambang Sasaran

m-Banking hanya Bisa diakses menggunakan aplikasi, sedangkan ibanking hanya Bisa dibuka melalui website. Berbagai kemudahan tersebut yang kemudian menjadikan m-banking jadi salah satu alat transaksi yang paling banyak digunakan di Indonesia.

m-BCA jadi mobile banking terfavorit di Indonesia

Merilis Top Brand Award, sebuah ajang penghargaan bagi berbagai merek terbaik di Indonesia mengatakan m-BCA jadi mobile banking terfavorit dengan capaian skor indeks mencapai 47,4 poin.

Aplikasi m-Banking terfavorit di Indonesia 2022 I Mensdaily

Sementara itu di peringkat dua terfavorit diisi oleh salah satu perusahaan pemerintah yang terbesar di Indonesia, yakni BRI Mobile dengan total skor 19,4 poin.

Lewat kemudian disusul bank Punya pemerintah terbesar kedua di Indonesia, yakni m-Banking Independen sebanyak 12,9 poin. Peringkat lima besar terfavorit diisi oleh BNI Mobile dan CIMB Niaga Mobile dengan jumlah capaian skor masing-masing sebesar 11,2 poin dan 3,8 poin.

Survei Top Brand Award merangkum beberapa merek-merek ternama dari berbagai kategori, yakni merek otomotif, transportasi, obat-obatan, makanan dan minuman, kosmetik, dan Lagi banyak Tengah. Dari hasil pengelompokan merek dari kategorinya, beberapa merek dinilai dengan menggunakan beberapa metode.

Metode sampling yang digunakan Buat sampel Secara acak dan Secara acak retail adalah multistage area Secara acak sampling. Sedangkan sampel booster dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling

Baca Juga:  Daftar Negara Pengimpor Minyak Terbesar di Dunia, AS Teratas

Penilaian ini dirangkum berdasarkan survei terhadap 8.500 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia. Jumlah total responden terdiri dari 6.000 sampel acak, 1.700 sampel booster dan 800 sampel booster B2B.

Sasaran usia responden adala pria dan Perempuan berusia 15-65 tahun, dengan latar belakang ekonomi SES D hingga SES A. Sampel Secara acak retail didapatkan dari SES B ke atas. Sementara itu sampel booster didapat dari Sasaran SES A. 

Skor Top Brand Index dihitung dengan Metode Menonton dari rata-rata terbobot parameter masing-masing. Terdapat tiga parameter penentu Top Brand Index menentukan pilihan terbaik mereka, yakni Top of Mind atau merek produk yang pertama disebut responden, Last Usage merek yang terakhir digunakan, dan Future Intention adalah keinginan responden menggunakan produk tersebut di masa depan.

Top Brand Award kemudian diberikan kepada sebuah merek apabila memenuhi dua kriteria berikut, yakni Mempunyai Top Brand Index minimum 10 persen, dan merek tersebut menempati posisi tiga teratas dalam kategori produk.

Baca Juga:  Negara Dengan Jalan Tol Terpanjang ASEAN 2023

Nasabah BCA lebih pilih gunakan m-bca dibanding ATM

Kepopuleran m-BCA kemudian dibenarkan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang mengatakan layanan Mobile Banking atau m-BCA menjadi yang paling banyak digunakan. Dari total volume transaksi sebanyak 16,42 miliar kali transaksi, 10.109 kali transaksi menggunakan mobile banking.

Volume transaksi BCA berdasarkan jaringan layanan Penting 2021 I Mensdaily

Tercatat, Eksis sebanyak 61,55 persen dari total transaksi nasabah BCA menggunakan mobile banking. Selain itu, Eksis sebanyak 4,25 miliar transaksi atau 25,89 persen dari total transaksi menggunakan layanan internet banking.

Para nasabah BCA lainnya bertransaksi melalui anjungan Kontan Independen (ATM) sejumlah 1,96 miliar kali atau 11,92 dari total transaksi. Model transaksi lainnya juga dilakukan oleh para nasabah dengan Metode datang ke kantor cabang BCA, yakni hanya mencapai 105 juta kali atau 0,64 persen dari total transaksi.

Terlepas dari adanya perubahan kebiasaan nasabah dalam hal nilai transaksi tetap Kagak menggeser bank BCA menjadi bank yang Bisa mencetak Keuntungan terbesar di Indonesia. Sepanjang 2021, bank BCA berhasil mencatatkan Keuntungan Bersih yang telah diatribusi kepada pemilik mencapai Rp31,42 triliun. Bilangan tersebut tercatat tumbuh 15,82 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

MensDaily hadir di tengah kesibukan dan tuntutan hidup, pria butuh ruang untuk mendengarkan, mengemukakan pendapat, dan mendapatkan inspirasi.

Get Latest Updates and big deals

    Mens Daily @2025. All Rights Reserved.