Upaya mempromosikan produk lokal yang diproduksi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi tuan rumah di negeri sendiri Lalu dilakukan Kementerian Perdagangan. Dalam peringatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meluncurkan “Kampanye Beli Lokal 12.12” di Jakarta Selasa (12/12).Peluncuran ini sekaligus memperkuat komitmen Pemerintah membela UMKM dan membangun ekosistem agar UMKM dapat naik kelas dengan memasuki dunia niaga elektronik (e-commerce). Harapannya dengan menata dan mengatur perdagangan secara digital atau e-commerce melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023, penyedia e-commerce dan UMKM dapat lebih maju menuju Indonesia Maju.
Hadir pada acara tersebut President Tokopedia Melissa Siska dan Executive Director of E-Commerce Tiktok Shop Indonesia Stephanie Susilo. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan, Plt. Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.
“UMKM harus sungguh-sungguh dibela karena menopang ekonomi Indonesia dengan kontribusi mencapai 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 90 persen tenaga kerja. Kalau Indonesia Ingin menjadi negara maju pada 2045, kata kuncinya UMKM yang naik kelas. Oleh karena itu, perhatian dan keberpihakan pemerintah Buat mengembangkan dan melindungi bidang ini harus dilakukan,” terang Mendag Zulkifli Hasan.
Dalam peluncuran ini, Mendag Zulkifli Hasan sempat berdialog dengan pedagang Tokopedia Rendang Uninam dengan produk makanan dan pedagang Tiktok Ayu Nabila JKT dengan produk Pakaian. Para pedagang tampak senang Dapat berbincang dengan Mendag Zulkifli Hasan. Mereka menyampaikan kenaikan omzet dan kemajuannya berdagang secara daring setelah bergabung dengan e-commerce.
Menurut Mendag Zulkifli Hasan, kemajuan Era mengharuskan pelaku usaha Buat mengikuti perkembangan teknologi. Buat itu, pelaku UMKM harus berkembang dengan bergabung dengan e-commerce.
“UMKM, selain luring memang mau Enggak mau harus mengikuti perkembangan. Pemerintah mengatur dan menata agar perkembangan teknologi yang dipakai Dapat mendukung UMKM dan industri dalam negeri, bahkan ‘go Dunia’. Jangan Tamat e-commerce mematikan UMKM dan industri lokal. Kita Ingin sama-sama maju dan berkembang. Pemerintah Indonesia menata agar ekosistemnya itu Dapat bermanfaat dan membantu mengembangkan ekonomi Indonesia,” Jernih Mendag Zulkifli Hasan.
Indonesia cukup jauh dari ancaman episentrum resesi ekonomi dunia, karena perekonomian nasional sangat ditopang oleh…
Dalam siklus perekonomian setiap negara, sebuah brand atau merek Mempunyai peranan Krusial Demi memenuhi setiap…
Ganja menjadi sebuah tanaman yang cukup tabu di Indonesia. Lantaran pemerintah hingga kini Lagi belum…
Menurut laporan Statistik Pemuda 2021, anak muda Indonesia makin kesini makin enggan Buat Segera-Segera menikah.Faktornya…
Mobil listrik atau electric vehicle (EV) belakangan ini menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Mobil listrik…
Dari Era ke Era, minuman beralkohol Lanjut digandrungi masyarakat, terutama Kawasan barat. Meski dianggap tabu…
This website uses cookies.