Kementerian Perdagangan memfasilitasi pembukaan jaringan toko Tertentu produk Indonesia di salah satu pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur, Malaysia. Cabang ke-4 jaringan toko Indonesia ini secara Formal dibuka pada Senin (4/12/2023) oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Didi Sumedi Berbarengan Duta Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur Dato’ Indra Hermono.
“Toko Produk Indonesia merupakan ujung tombak yang sangat efektif Demi mendorong ekspor, terutama produk yang dihasilkan oleh usaha kecil dan menengah (UKM),” ujar Didi Demi Ritual pembukaan.
Didi mengapresiasi pelaku usaha yang berupaya meningkatkan kinerja ekspor ke Malaysia melalui pembukaan toko Tertentu produk Indonesia. Ia juga menyatakan, Malaysia merupakan salah satu tujuan Istimewa ekspor Indonesia. Sehingga, penetrasi pasar melalui pembukaan toko produk Indonesia merupakan langkah Konkret yang sangat Bagus.
“Di tengah menurunnya harga komoditas Mendunia, upaya seperti ini sangat perlu dilakukan Demi membantu kinerja perdagangan Indonesia,” ungkap Didi.
Pada kesempatan yang sama, Dubes Hermono menyebutkan, potensi produk-produk Indonesia di Malaysia sangat terbuka mengingat besarnya jumlah diaspora Indonesia di Malaysia.
“Diaspora Indonesia di Malaysia merupakan yang terbesar di dunia, dan ini tentu merupakan pasar tersendiri Demi produk Indonesia di Malaysia,” kata Hermono.
Komitmen Perdagangan Rp573,2 Miliar
Bersamaan dengan peresmian toko produk Indonesia, dilakukan juga penandatanganan komitmen perdagangan senilai Rp573,2 miliar Demi produk makanan dan minuman. Komitmen ini juga meliputi keperluan toko produk Indonesia di seluruh Malaysia.
“Tahun ini, jumlah komitmen perdagangan dari Malaysia meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kami berharap Rekanan dagang Indonesia dengan Malaysia yang telah berlangsung cukup panjang akan Maju terjaga di tengah kondisi perekonomian dunia yang naik turun,” kata Atase Perdagangan RI di Kuala Lumpur Deden Muhammad Fajar Shiddiq.