Business

Jawara E-Commerce di Awal Tahun 2023

Perilaku berbelanja online sudah menjadi kebiasaan banyak orang, terutama beberapa tahun ke belakang ini. Apalagi Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Menurut data Wearesocial dan Hootsuite, Sekeliling 90% pengguna internet di Indonesia pernah berbelanja online.

Pada tahun 2022, industri e-commerce di indonesia mencapai nilai $40 miliar (nilai kapitalisasi pasar). Nomor tersebut diproyeksi meningkat di tahun 2023 yang makin serba digital.

Salah satu Unsur terbesarnya adalah pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang cukup pesat, yakni sebesar 21% dari total populasi atau sebanyak 57,3 juta orang pada tahun 2019. Hal ini juga terlihat dengan meningkatnya jumlah pengeluaran masyarakat Demi belanja barang konsumen secara online.

Selain dari meningkatnya kelas menengah, Unsur lain yang juga mendorong perkembangan e-commerce adalah tingkat penetrasi internet dan pengguna perangkat mobile yang Lanjut meningkat, memungkinkan lebih banyak orang Demi mengakses berbagai platform belanja online, mulai dari website toko online, aplikasi marketplace, media sosial, dan banyak Tengah.

Baca Juga:  Viral di Media Sosial, Ini Dia Tren Ikan Patin Bakar

Sebagai pasar e-commerce terebsar di Asia Tenggara, maka tak heran Apabila Indonesia dibanjiri oleh sederet perusahaan e-commerce yang Lanjut melakukan Ciptaan guna menguasai pasar.

Berbicara soal penguasa e-commerce di tanah air, muncul dua nama beken yang mencuat. Siapa Tengah kalo bukan ‘si oren’ Shopee dan ‘si ijo’ Tokopedia. Tiap bulan–kuartal–tahun, keduanya Bertanding–salip-salipin memperebutkan posisi puncak.

Demi awal tahun 2023, ‘si oren’ jadi jawara e-commerce paling banyak dikunjungi. Dalam laporan Similliar Web, Sepanjang Januari-Maret 2023 (Q1 2023), Shopee mencatat rata-rata 157,9 juta kunjungan per bulan. Capaian ini sekaligus menggeser ‘si ijo’ yang selama beberapa kuartal ke belakang merajai kunjungan e-commerce.

Secara tren kunjungan, rata-rata situs e-commerce mengalami penurunan kunjungan pada bulan Januari-Februari 2023. Akan tetapi, meningkat Tengah pada bulan Maret 2023 seiring dengan datangnya bulan Ramadan.

Baca Juga:  Pertumbuhan PDB Indonesia Stagnan, Tanda Deindustrialisasi Semakin Dekat?

 

MensDaily hadir di tengah kesibukan dan tuntutan hidup, pria butuh ruang untuk mendengarkan, mengemukakan pendapat, dan mendapatkan inspirasi.

Get Latest Updates and big deals

    Mens Daily @2025. All Rights Reserved.