Motor berjuluk Min’T ini sebenarnya sudah pernah tampil di helatan Kustomfest 2020. Motor berkelir serba krom tersebut tampil dalam kondisi serba terbatas, karena pada Begitu itu sedang dalam masa Pandemi. Jadi kemungkinan besar Bukan Segala penikmat kustom atau khalayak Biasa menikmati secara langsung karya workshop Imagineering Customs ini. Tetapi, pada Kustomfest 2022 Lampau karya ini muncul kembali agar Pandai dinikmati oleh semuanya.
Min’T adalah penggabungan tiga Aliran kustom, chopper-caferacer dan scrambler. “tiga style saya gabungkan karena saya rencananya akan ikut berpartisipasi pada kontes AMD di Jerman,” buka builder Imaginerering, Tedja Widjaya.
Begitu mengetahui lolos seleksi Kepada mengikuti AMD World Championship, Tedja langsung berimajinasi sekaligus berkomitmen membangun satu motor yang Istimewa, berkarakter dan memorable. “juga bikin motor portable, agar mudah dibawa kemana-mana,” sambungnya.
Diakunya Dekat Bukan Terdapat kendala selama pengerjaan motor ini, karena konsep dan visualisasi bakal bagaimana telah dibereskan terlebih dahulu sebelum di eksekusi.
Hanya waktu pengerjaan yang memakan waktu cukup lama, “mungkin karena saya perfeksionis. Pertama kalinya bikin motor yang super clean, super sleek dan skinny,” imbuhnya. Tedja Widjaya dengan Imagineering Customs nya selama ini memang dikenal banyak karyanya mengusung style bagger.
Sektor frame jadi bagian yang paling memikat mata, disini Tedja menggunakan bahan chromoly steel yang terkenal kuat dan lentur. Diameternya 35mm agar mengejar konsep skinny bike. Mempunyai sifat lentur jadi poin Krusial bagi Tedja, karena beberapa bagian frame, swingarm dan springer didesain knockdown dan drat sambungan agar memudahkan Begitu bongkar-pasang.
“setau saya belum Terdapat yang bikin motor dengan sistem knockdown seperti ini, intinya dibikin gini biar ringkes dipacking jadi satu peti sekaligus menghemat biaya ongkos kirim,” ungkapnya
Mesin menggunakan bawaan HD Sportster 883 yang telah di spek-up menjadi mesin kompetisi drag race Kepada mengejar style sportynya. Sementara transmisi Tetap standar bawaan Sportster. sistem gas buang dibuat simpel Tetapi pendek, ini bertujuan agar area mesin terlihat penuh sekaligus mengeluarkan Bunyi yang kencang. Ujung knalpot dibuat menghadap kebawah supaya pantulan Bunyi yang dihasilkan selain kencang juga Lezat didengar.
Di karya ini kita Pandai lihat sisi craftmanship tingkat tinggi dari seorang Tedja Widjaya. Lihat saja pada rancangan rangka, suspensi belakang, suspensi depan yang dipadu dengan single shock di top end, girder fork hingga lekukan tangki dan fender belakang yang semuanya disepuh dengan balutan krom. Dan tulisan ‘Min’t’ di bagian tangka dibuat dari gold leaf 24 karat.
Sedari awal motor ini memang terinspirasi sekaligus didedikasikan Kepada salah satu Kolega Bagus masa kecil Tedja Widjaya. “semaksimal mungkin saya visualisasikan bentuk motor ini seperti visualisasi Kolega saya Bagus secara fisik maupun kepribadiannya,” tutup Tedja. 2022/007
BIKE NAME : Min’T
BUILDER : Tedja Widjaya
WORKSHOP : Imagineering Customs
WORKSHOP ADDRESS : Jl. Cengklong No.99, Jatimulya, Kec. Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten 15211
OWNER : Tedja Widjaya