Moda transportasi roda dua atau motor Tetap menjadi pilihan favorit Penduduk Indonesia. Harganya yang relatif terjangkau menjadikannya akrab dengan Penduduk di setiap kelas ekonomi. Selain itu, fleksibilitasnya yang tinggi membuatnya jadi pilihan transportasi yang lincah di segala medan.
Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023 menunjukkan terdapat 132,4 juta unit sepeda motor tersebar di seluruh Indonesia. Nomor tersebut kemungkinan Lanjut bertambah mengingat jumlah penduduk yang juga Lanjut bertambah. Jumlah motor di Indonesia lebih banyak dibandingkan mobil penumpang, bis, dan mobil barang.
Terdapat sederet merek motor yang kerap dijumpai di Indonesia. Setiap dari mereka menawarkan kelebihan dan keunikannya masing-masing. Tetapi, merek motor mana yang menjadi pilihan publik Indonesia?
Dalam survei Mensdaily berjudul Pola Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Memilih Sepeda Motor di 2025, Honda menempati posisi pertama sebagai merek motor pilihan, dengan 60% responden memilih Honda. Di posisi berikutnya, 20% responden memilih Yamaha. Sementara itu, sisanya memilih Vespa (7%), Suzuki (5%), Kawasaki (2%), dan merek lainnya (6%).
Merek Honda Menang di Beberapa Kelas
Survei tersebut juga menilai pilihan motor di beberapa kelas, seperti motor matik, bebek dan sport. Hasilnya, Honda keluar sebagai Pemenang pilihan motor di hati masyarakat.
Misalnya, di kelas motor bebek (underbone) Honda Supra mendapatkan Bunyi responden tertinggi dengan 29%. Di kelas motor sport, Honda CBR menjadi pilihan Istimewa dengan perolehan 30% responden. Lampau di kelas matik entry level, Honda Scoopy memimpin dengan perolehan 24% responden. Hal tersebut menunjukkan pengaruh nama besar brand dalam pemilihan model kendaraan.
Survei ini dilakukan pada 1–14 September 2025 dengan metodologi kuantitatif melalui online survey. Data dihimpun dari 1.000 responden panel Premium Mensdaily yang tersebar di seluruh Indonesia. Buat memperkuat hasil, metode kualitatif berupa Focus Group Discussion (FGD) juga digunakan dengan melibatkan perwakilan sampel.
Adapun komposisi responden dalam survei ini terdiri dari 60% Lelaki dan 40% Perempuan. Kalau dilihat berdasarkan usia, sebagian besar responden berusia 18–24 tahun (42,7%), disusul Golongan usia 35–45 tahun (21%), 25–34 tahun (15,2%), <18 tahun (12,3%), serta >46 tahun (8,8%).
Baca Juga: Honda Scoopy Jadi Motor Matik Paling Diminati Publik RI 2025
Sumber:
https://Mensdaily.id/publication/pola-perilaku-masyarakat-indonesia-dalam-memilih-sepeda-motor-di-2025-t4J87
https://www.bps.go.id/id/statistics-table/3/VjJ3NGRGa3dkRk5MTlU1bVNFOTVVbmQyVURSTVFUMDkjMw==/jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-provinsi-dan-jenis-kendaraan–unit—2023.html