Categories: Business

Data dan Fakta Penyebab Del Monte Bangkrut, dari Utang yang Menggunung hingga Salah Langkah Akibat Pandemi

Perusahaan makanan dan buah kaleng legendaris asal Amerika Perkumpulan, Del Monte Foods, Formal mengajukan kepailitan pada Selasa (1/7/2025), setelah beroperasi selama 135 tahun.

Hal ini dilakukan atas dasar perjanjian dengan para kreditur Istimewa perusahaan, menyusul tekanan utang yang membebani kinerja operasional perusahaan selama setahun terakhir.

CEO Del Monte, Greg Longstreet menilai bahwa keputusan ini mantap diambil setelah mempertimbangkan berbagai opsi bisnis yang tersedia.

“Setelah Pengkajian menyeluruh terhadap Segala opsi yang tersedia, kami memutuskan proses penjualan yang diawasi pengadilan adalah Metode paling efektif Demi mempercepat pemulihan dan menciptakan Del Monte Foods yang lebih kuat dan bertahan lama,” ujarnya dilansir dari laman Formal Reuters.

Sebagai informasi, pengajuan ini melalui Penyelenggaraan undang-undang kebangkrutan atau lebih dikenal sebagai Chapter 11, sehingga memungkinkan perusahaan tetap menjalankan bisnis sembari melakukan restrukturisasi utang dan menyusun strategi pemulihan jangka panjang yang juga bertujuan Demi melindungi aset serta menjaga stabilitas perusahaan selama transisi kepemilikan.

Jadi, selama proses hukum berjalan, kegiatan produksi dan distribusi Lagi dilakukan secara normal dan Tak akan berhenti dalam waktu dekat. Del Monte menegaskan bahwa anak perusahaannya di luar AS Tak terpengaruh dan produk-produknya akan tetap berada di pasaran.

Hutang Mencapai Rp162,5 Triliun Jadi Penyebab Bangkrut?

Berbagai sumber Formal menyebut selama beberapa tahun ke belakang, perusahaan menghadapi sejumlah masalah karena adanya perubahan preferensi konsumen, tantangan pada rantai pasokan dan utamanya adalah utang yang meningkat.

Dalam Berkas pengajuan yang diserahkan ke pengadilan New Jersey, Del Monte mencatat Perkiraan jumlah utang berada pada kisaran USD1 miliar hingga USD10 miliar (setara Rp16,24 triliun hingga Rp162,47 triliun), dengan jumlah kreditur diperkirakan mencapai 10.000 hingga 25.000.

Masalah utang yang dimiliki Del Monte memang sudah berlangsung sejak lama bahkan sempat memantik konflik hukum pada 2024. Begitu itu, sejumlah kreditur menggugat karena menilai perusahaan melakukan pelanggaran dalam restrukturisasi utang senilai 725 juta dolar Amerika atau Sekeliling Rp11,24 triliun. Gugatan muncul setelah Del Monte memindahkan sebagian aset ke entitas baru yang Tak berada di bawah kendali kreditur lama, dalam strategi yang dikenal sebagai drop-down transaction.

Restrukturisasi ini awalnya bertujuan Demi meringankan beban utang Sekeliling 240 juta dolar AS lewat skema Liability Management Exercise (LME). Tetapi, Malah memperburuk situasi ketika kreditur yang tak dilibatkan menuduh perusahaan melanggar perjanjian pembiayaan.

Sempat Salah Langkah Menghadapi Pandemi

Selain soalan utang, dari beberapa sumber Formal disebutkan pula bahwa salah mengambil langkah ketika pandemi Covid-19 turut menjadi salah satu pemicu pailit Del Monte Foods. Selama masa pandemi, permintaan produk sempat melonjak tajam, Membikin perusahaan Meningkatkan kapasitas produksi. Tetapi setelah situasi kembali normal, permintaan menurun drastis dan Del Monte akhirnya kewalahan dengan kelebihan stok. Kondisi ini memaksa perusahaan menyimpan persediaan dalam jumlah besar, bahkan menjualnya dengan harga rugi demi mengosongkan Tempat simpan.

Meski sedang berada di bawah tekanan finansial, dalam pernyataan resminya, Del Monte mengonfirmasi telah berhasil mengamankan pendanaan darurat sebesar 912,5 juta dolar Amerika atau Sekeliling Rp14,82 triliun, termasuk Biaya segar senilai 165 juta dolar Amerika atau Sekeliling Rp2,68 triliun Demi menjaga kelancaran operasional perusahaan selama proses hukum berlangsung. 

Pihak perusahaan menyatakan dengan pendanaan tersebut, Del Monte berupaya Demi menjaga rantai pasok, memenuhi komitmen kepada Kenalan bisnis, serta tetap melayani konsumen seperti Biasa.

Perjalanan Panjang Del Monte

Ilustrasi proses produksi Del Monte | DelMonteFresh

Sebagai perusahaan pelopor produk berbasis nabati yang telah membangun reputasi kuat di pasar domestik maupun Global, Del Monte Mempunyai rekam perjalanan yang panjang dalam industri makanan. 

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1886, nama Del Monte identik dengan kualitas premium yang terpatri dalam ingatan. Sepanjang perjalanannya, Del Monte Maju berinovasi, mulai dari pembangunan pabrik pengalengan besar di awal abad ke-20, hingga menjadi salah satu perusahaan makanan pertama yang mengadopsi pelabelan nutrisi secara sukarela pada 1971.

Hingga awal 2000-an, Del Monte telah berkembang pesat dan memperluas lini produknya. Kini, Del Monte dikenal sebagai pelopor makanan nabati (plant-based food) dan Maju menghadirkan produk bergizi dengan cita rasa yang lezat melalui merek-merek seperti Contadina, College Inn, Joyba, Kitchen Basics, Take Root Organics, dan S&W. 

Produk-produknya telah tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia, di mana masyarakat telah lama mengenal Del Monte sebagai penyedia buah kaleng, saus pasta, hingga minuman kekinian seperti bubble tea.

Produk-produk Del Monte yang tersebar di Indonesia

Berkat cita rasa dan kualitasnya, produk Del Monte cukup Terkenal, bahkan sempat berhasil masuk dalam jajaran merek saus favorit orang Indonesia, sub kategori saus tomat. Sebagaimana hasil survei dari Top Award Brand yang melibatkan lebih dari 12.000 responden dari berbagai kota besar.

Del Monte meraih peringkat dua dalam jajaran merek saus favorit orang Indonesia | GoodStats

Del Monte menjuarai peringkat kedua dengan perolehan 18% Bunyi responden, menunjukkan tingkat kepercayaan dan loyalitas konsumen yang cukup kuat di tengah persaingan pasar yang ketat.

Di Indonesia, produk-produk Del Monte dipasarkan oleh PT Lasallefood Indonesia sejak tahun 2003. Awalnya, perusahaan ini memperkenalkan Del Monte melalui produk saus tomat dan saus cabai. 

Hasil karya Maju berlanjut, salah satunya dengan peluncuran minuman kopi cincau pada tahun 2016, disusul oleh minuman cokelat cincau pada 2018.

Hingga kini, PT Lasallefood Indonesia memasarkan tujuh varian produk Del Monte, meliputi saus tomat, saus cabai, saus spageti, saus barbeku, bumbu nasi goreng, sambal terasi, dan sarden. Seluruh produk ini dipasarkan melalui 59 jaringan distribusi yang tersebar di berbagai Daerah Indonesia.

Baca Juga: Merek Saus Tomat dan Saus Sambal Favorit Orang Indonesia

Admin

Recent Posts

Hasil dan Statistik Pertandingan Prancis vs Kroasia, Skor 5-4, Kalahkan Kroasia Lewat Penalti, Prancis Lolos Ke Semifinal UEFA Nations League A

Hasil dan statistik pertandingan antara adalah Kroasia kalah skor 5-4 lewat adu penalti, Mbappe Dkk nelenggang…

20 menit ago

Kelas Menengah Mendominasi Pengguna Pinjol di Indonesia

Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang signifikan dalam penggunaan layanan pinjaman online (pinjol), terbesar berasal dari rumah…

39 menit ago

Statistik Hasil Pertandingan Spanyol vs Belanda, Skor 5-4, Adu Penalti dan Spanyol Masuk Empat Besar UEFA Nations League A

Berikut statistik pertandingan antara Spanyol Rival Belanda dengan hasil Spanyol pukul Belanda dalam adu penalti…

1 jam ago

Simak Anggaran PON dari Tahun ke Tahun

Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan ajang olahraga nasional terbesar yang melibatkan seluruh provinsi di Indonesia.…

2 jam ago

Jadwal Pertandingan Semifinal UEFA Nations League A

Sebanyak empat tim memastikan tiket semifinal UEFA Nations League A. Mereka adalah Spanyol, Prancis, Jerman,…

2 jam ago

Daftar Nama Pemain Indonesia vs Bahrain yang Berkompetisi di Luar Negeri

Sepeninggal Mees Hilgers yang cedera, Indonesia hanya punya 28 pemain Buat menghadapi Bahrain Selasa (25/3)…

3 jam ago

This website uses cookies.