Business

Berbagai Produk Bibir Favorit Masyarakat Indonesia 2021

Produk kecantikan bibir merupakan kosmetik yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia setiap harinya. Sebagaimana kembalinya aktivitas masyarakat menuju kehidupan normal prapandemi Covid-19, penggunaan kosmetik termasuk produk kecantikan bibir sebagai rutinitas kegiatan harian juga semakin meningkat setelah sempat surut pada tahun 2020.

Hal ini dibuktikan dengan hasil survei Jakpat yang mengungkapkan bahwa penggunaan produk kecantikan bibir meningkat dari 78 persen pada tahun 2020 menjadi 97 persen dalam kurun waktu 1 tahun setelahnya yakni tahun 2021.

Sama seperti produk kosmetik lainnya, produk kecantikan bibir Mempunyai berbagai jenis yang dapat dipilih oleh masyarakat sesuai kebutuhan dan preferensi masing-masing. Perkembangan produk bibir terbukti semakin inovatif dari tahun ke tahun dengan adanya berbagai racikan formula baru yang menghasilkan ragam variasi produk mulai dari Rona hingga tekstur.

Lipstik Lagi jadi favorit mayoritas responden

Lipstik menjadi produk kecantikan bibir yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama pada golongan usia 25 tahun ke atas. Adapun persentasenya mencapai 59 persen.

Jenis produk bibir paling sering digunakan masyarakat Indonesia tahun 2021 | Mensdaily

Lipstik merupakan produk pewarna bibir pertama yang tercipta sejak Era peradaban Antik dan berevolusi dengan pesat di Mesir Antik. Lipstik kemudian menjadi cikal bakal munculnya berbagai produk kecantikan bibir yang Bukan hanya berfungsi mempercantik bibir Tetapi juga merawatnya.

Baca Juga:  Harga Ayam Hari Ini 2 Mei 2025 Buat Area Jakarta, Jawa Timur, dan Yogyakarta

Lip balm kemudian berhasil meraih posisi ke-2 dengan persentase sebesar 44 persen. Produk lip balm Mempunyai manfaat Istimewa Kepada memberi kelembapan pada bibir. Di Indonesia, lip balm muncul dengan berbagai variasi yakni berwarna dan Bukan berwarna.

Sementara itu, lip cream menempati posisi ke-3 dengan persentase sebesar 41 persen. Lip cream menjadi tren baru produk kecantikan bibir yang menyaingi pasar lipstik di Indonesia. Seperti namanya, produk lip cream Mempunyai tekstur seperti cream yang cenderung menghasilkan tampilan matte di bibir.

Posisi ke-4 diraih oleh jenis produk lip tint dengan persentase sebesar 36 persen. Lip tint merupakan produk pewarna bibir yang meninggalkan stain atau Rona yang tak mudah pudar seperti tinta di bibir. Daya tahan Rona dari lip tint pada bibir cenderung lebih lama bila dibandingkan produk pewarna bibir lainnya.

Umumnya lip tint Mempunyai finish yang berkilau atau glossy dan hadir dengan pilihan Rona gelap, neon, atau bold agar nampak lebih Konkret serta tahan lama di bibir. Tetapi Ciptaan pada lip tint Lanjut berkembang dan menghasilkan Berbagai Corak variasi seperti matte finish ataupun Rona-Rona nude.

Lebih lanjut, Intervensi dari hasil survei ini juga menunjukkan bahwa responden berusia lebih muda yakni 15 hingga 24 tahun cenderung lebih memilih produk lip tint dibandingkan dengan jenis produk kecantikan bibir lainnya.

Baca Juga:  Harga Emas Antam Hari Ini 30 April 2025, Turun Rp1.000

Terakhir, lip gloss menempati posisi ke-5 dengan raihan persentase sebesar 24 persen. Tengah-Tengah seperti namanya, lip gloss merupakan produk kecantikan bibir yang memberikan tampilan glossy pada bibir.

Wardah kuasai merek produk kecantikan bibir terfavorit

Wardah berhasil menguasai Dekat seluruh kategori jenis produk kecantikan bibir di Indonesia pada tahun 2021. Wardah berhasil memuncaki klasemen Kepada kategori lipstik, lip balm, lip cream, dan lip gloss. Sementara itu Kepada kategori lip tint dimenangkan oleh Emina yang Lagi satu perusahaan dengan Wardah.

5 merek lipstik favorit masyarakat Indonesia tahun 2021 | Mensdaily

Pada kategori lipstik, Wardah menempati peringkat pertama dengan persentase sebesar 42 persen, jauh melampaui Maybelline yang berada di posisi ke-2 dengan raihan persentase sebesar 14 persen. Disusul Implora, Revlon, dan Purbasari pada posisi ke-3 hingga ke-5 secara berurutan.

Baca Juga:  Didominasi Negera Berkembang, Inilah 10 Negara Penghasil Beras Terbesar di Dunia

Sementara itu, pada kategori lip balm, Wardah unggul dengan raihan persentase sebesar 25 persen. Disusul Vaseline, Nivea, Oriflame, dan Maybelline di posisi berikutnya.

5 merek lip balm favorit masyarakat Indonesia tahun 2021 | Mensdaily

Kepada kategori lip cream, Wardah meraih persentase sebesar 35 persen yang kemudian diikuti oleh Maybelline dengan persentase sebesar 10 persen, Implora dan Emina masing-masing 8 persen, dan Hanasui sebesar 6 persen.

5 merek lip cream favorit masyarakat Indonesia tahun 2021 | Mensdaily

Emina berhasil mengungguli Wardah dalam kategori lip tint, Bertanding tipis dengan raihan persentase sebesar 23 persen disusul Wardah di posisi ke-2 dengan persentase sebesar 21 persen. Selain itu, Implora, Madame Gie, dan Maybelline juga masuk dalam daftar ini.

5 merek lip tint favorit masyarakat Indonesia tahun 2021 | Mensdaily

Terakhir, Wardah kembali unggul pada kategori lip gloss dengan raihan persentase sebesar 41 persen. Diikuti Emina di posisi ke-2 dengan persentase 10 persen. Secara berurutan di posisi ke-3 hingga ke-5 diisi oleh Maybelline, Madame Gie, dan PinkFlash.

5 merek lip gloss favorit masyarakat Indonesia tahun 2021 | Mensdaily

Survei ini membuktikan bahwa merek lokal lebih digandrungi oleh mayoritas masyarakat Indonesia dibandingkan dengan produk luar negeri. Merek lokal berhasil mendominasi pasar kosmetik di Indonesia berkat kualitas produk yang Bertanding dengan harga lebih terjangkau.

MensDaily hadir di tengah kesibukan dan tuntutan hidup, pria butuh ruang untuk mendengarkan, mengemukakan pendapat, dan mendapatkan inspirasi.

Get Latest Updates and big deals

    Mens Daily @2025. All Rights Reserved.