Mensdaily.id – Salah satu agensi K-pop Ialah MODHAUS, agensi tempat tripleS, ARTMS, dan idntt, akhir-akhir ini mendapat kecaman dari media online.
Banyak penggemar menyebutnya sebagai salah satu agensi Korea yang paling “konyol” di industri hiburan.
Obrolan ini muncul setelah seorang netizen mempertanyakan apakah ‘penugasan’ pra-wawancara MODHAUS yang ekstensif sesuai Demi posisi kontrak sementara 3 bulan.
“Penugasan awal Demi perekrutan kontrak MODHAUS (tripleS, ARTMS) sangat intens, rasanya seperti proyek riset K-Pop. Sepuluh pertanyaan esai dan tiga wawancara… Demi kontrak jangka pendek?!”
Diketahui bahwa para pelamar kerja akan diminta Demi menyelesaikan tugas tertulis yang berisikan 10 pertanyaan.
Sedangkan jawaban Demi kesepuluh pertanyaan tersebut, memerlukan respons mendalam seperti analisis tren K-pop, Selebriti yang kurang dikenal, dan platform fandom seperti aplikasi COSMO Punya MODHAUS.
Teladan beberapa pertanyaan yang diajukan seperti berikut :
- Pilih salah satu album atau video musik dari grup idola yang debut dalam setahun terakhir dan tinjau Tanda khasnya
- Analisis ara k-pop Ketika ini – Aliran, penampilan atau pemasaran
- Jelaskan video musik yang Bukan Dapat Anda tonton Tiba selesai dan jelaskan mengapa video tersebut gagal menarik perhatian Anda.
- Apa pandangan Anda tentang konsep atau Aktualisasi diri yang terlalu sering dipakai dalam industri k-pop?
- Apabila pekerjaan Anda adalah peneliti Selebriti, filosofi apa yang membantu Anda dalam melakukan analisis?
Selain beberapa kuesioner yang menuntut, lowongan pekerjaan MODHAUS menyatakan akan Terdapat 3 putaran wawancara, semuanya Demi kontrak 3 bulan yang mungkin – tetapi belum tentu – diperpanjang selama 3 bulan Tengah.
Kritik pun mengalir dari knetz di berbagai platform seperti TheQoo dan twitter seperti menuntut agensi Demi membayar profesional Apabila membutuhkan riset pasar dan Bukan mengeksploitasi pelamar hanya Demi mendapatkan ide gratis dengan sebuah ‘tugas’ Bajakan.
Bahkan Terdapat juga yang mengkritik Apabila sekelas universitas saja Pandai memberikan sebuah kartu hadiah setelah mengisi survei, sedangkan MODHAUS hanya memberikan sebuah pekerjaan dengan jangka pendek selama 3 bulan.
Beberapa bahkan menuduh agensi tersebut menggunakan proses pra-wawancara Demi mendapatkan masukan kreatif secara crowdsourcing tanpa Terdapat kompensasi.


