Lifestyle

5 Bagian yang Sering Kelewat Diperiksa Sebelum Beli Mobil Bekas

Pilihan mobil bekas atau second hand selalu menarik kalo Bapak emang Kembali butuh banget mobil tapi dengan budget yang gak begitu gede. Atau Bapak kepengen banget sama itu mobil tapi kayaknya mending beli yang second aja daripada beli baru yang harganya kagak masup di kantong. Nah, sebelum bawa pulang mobil bekas yang Bapak pilih, 5 bagian ini wajib Bapak periksa.

Seatbelt dan pintu penumpang

seatbelt date

Foto seatbelt date: Dubbed

passanger door date

Foto passanger door: Rennlist

Pas Bapak ngecek bagian mobil, di bagian bawah seatbelt biasanya Eksis Lepas produksi yang Normal ditulis di sana. Perhatiin Lepas, bulan, sama tahun produksinya Lalu cocokin sama Lepas produksi yang Eksis di papan nama kendaraan di deket pintu mobil, kalo dua Lepas di seatbelt dan pintu kagak sama, artinya airbag yang Eksis di mobil udah pernah keluar, Dapat jadi seatbelt udah pernah diganti karena kecelakaan besar.

Baca Juga:  Detail Sneaker Nike Dunk Low Hemp yang Akan Rilis Tahun Depan

Sekalian buat Bapak baca: Tips Memilih Mobil Bekas Sebagai Mobil Pertama Bapak

Cek juga bagian steering column-nya

steering column

Foto: Hyundai Worldwide

Di bagian bawah setir mobil Eksis bagian steering column atau yang sering dikenal dengan as setir yang Dapat dicek apakah Eksis banyak bekas karat di atasnya. Kalo iya, berarti mobilnya pernah kerendem banjir, jangan dibeli, Pak. Soalnya, as setir ini pan permukaannya licin dan mengilap, nah kalo terkena air Niscaya bakalan muncul bercak dan nimbulin masalah pada mobilnya. Kalo pas Bapak cek itu mobil karatnya udah bener-bener parah banget, lama-lama bakalan mengeras dan bikin komponen power steering yang lain jadi terkikis.

Baca Juga:  Langkah Booking Hotel Secara Langsung: Panduan Praktis Kepada Liburan Anda - Mensdaily.id

Cek bagian pintu mobil

baut di pintu mobil

Foto: google.com

Perhatiin bagian engsel antara pintu dan body mobil. Di sana harusnya Eksis dua karet penyumbat di pilar pintunya. Bapak Dapat cabut bagian karetnya, Lalu liat Eksis kagak baut di dalem bagian tersebut. Pastiin kalo bautnya bener-bener lengkap. Takutnya kagak lengkap gegara udah diambil atau udah diganti, Dapat jadi karena kecelakaan yang besar.

Cek tutup oli mesin di mobil

tutup oli mesin mobil

Foto: GridOto.com

Kalo bagian ini Niscaya udah banyak yang ngecek. Sebagai pengingat Kembali nih Pak, kalo Bapak kudu juga periksa apakah di bagian belakang tutup oli mesin tersebut banyak lumpur hitam yang nempel. Kalo iya berarti mesin mobil tersebut kagak bener-bener dirawat dengan Berkualitas. Bahaya Pak, Dapat-Dapat komponen lain juga bermasalah. Niat beli mobil bekas biar Irit, eh malah jadi boncos.

Baca Juga:  IIMS 2025 Akan Hadir dengan Tagline “Your Infinite Autotainment Experience”

Pak, Tau Maksudnya Peremajaan Mobil Gak?

Cek bagian Bull Head mobil

bull head mobil

Foto: google.com

Pastiin juga bagian bull head-nya simetris, kalo udah simetris ketuk bagian ujung bagian bull head. Nah, kalo pas diketuk suaranya Hampa Dapat jadi dempulnya tebel akibat perbaikan. Hati-hati, Pak, Dapat jadi itu mobil bekas kecelakaan besar di bagian depannya.

Lima bagian mobil tadi jarang banget keperiksa pas mau beli mobil bekas, padahal sama pentingnya kayak ngecek komponen-komponen lain. Selain mobil bekas yang nanti Bapak beli bakal lebih awet dan tahan lama, kualitas komponen mobil tersebut juga harus Tetap terjaga.

MensDaily hadir di tengah kesibukan dan tuntutan hidup, pria butuh ruang untuk mendengarkan, mengemukakan pendapat, dan mendapatkan inspirasi.

Get Latest Updates and big deals

    Mens Daily @2025. All Rights Reserved.