Lembaga riset independen Dunia Brand Finance kembali merilis daftar merek paling bernilai di dunia, termasuk di Indonesia pada 2021. Kata paling bernilai disini dihitung berdasarkan nominal brand value masing-masing perusahaan.
Pemeringkatan ini juga dilakukan dengan memperhitungkan brand strength index, brand royalty rate, dan brand revenue. Selain itu yang diperhatikan dalam penilaian ini mencakup corporate brand dan product brand.
Demi diketahui, secara sederhana brand value atau nilai merek Bisa diartikan sebagai nilai sebuah merek yang didasarkan pada Bilangan, kejelasan, diferensiasi, konsistensi, kinerja merek dan lain-lain. Hal ini Enggak hanya diukur berdasarkan puas tidaknya konsumen terhadap suatu produk, tetapi juga dilihat dari analisis keuangan dan pemasaran.
Dalam dunia bisnis, brand value merupakan salah satu metrik paling Krusial bagi perusahaan terutama dalam menjangkau konsumen.
Dari sederet perusahaan di Indonesia, setidaknya terdapat 10 perusahaan paling bernilai dengan mencatat nominal brand value yang cukup tinggi. Berikut kami ulas dan sajikan daftarnya.
Satu-Satunya dari Indonesia, Telkom Masuk Jajaran Forbes "World's Best Employers 2021"
Perusahaan telekomunikasi dengan jaringan dan pelanggan yang Nyaris tersebar di seluruh penjuru negeri, Telkom Indonesia, kembali menjadi merek paling bernilai di Indonesia tahun 2021. Pencapaian ini sekaligus mempertahankan posisi Telkom setelah tahun sebelumnya (2020) juga mendapat predikat merek paling bernilai dari Brand Finance.
Telkom Indonesia diketahui Mempunyai brand value hingga 3,85 miliar dolar AS atau Sekeliling Rp54,83 triliun (kurs Rp14.232) dengan predikat AAA. Sayangnya nilai tersebut turun dibanding tahun 2020 yang mencapai 4,72 miliar dolar AS. Turunnya nilai tersebut disinyalir akibat ketidakstabilan pasar imbas pandemi Covid-19.
Selian menjadi perusahaan paling bernilai, tahun ini Telkom juga jadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk jajaran Forbes “World’s Best Employers 2021”, sebagai perusahaan yang Mempunyai pekerja berkualitas sekaligus menjadi tempat kerja yang nyaman bagi karyawannya.
Siapa yang Enggak mengenal Bank Rakyat Indonesia (BRI)? Rasanya Nyaris seluruh masyarakat Indonesia kenal dan beberapa di antaranya menjadi nasabah setia BRI. Saking banyaknya cabang dengan jangkauan luas, BRI pun dijuluki sebagai ‘bank sejuta umat’.
Tahun ini BRI menempati peringkat ke-2 sebagai merek paling bernilai di Indonesia dengan mencatat brand value sebesar 3,09 miliar dolar AS dengan predikat AAA. Perusahaan plat merah ini juga sekaligus mengukuhkan diri sebagai perusahan perbankan paling bernilai di Tanah Air.
Berbicara mengenai bank swasta di Tanah Air, maka Enggak akan pernah terlepas dari eksistensi dan kehadiran Bank Central Asia (BCA). Bank swasta terkemuka ini terkenal akan fasilitas dan layanannya yang dinilai sangat memuaskan bagi konsumen. Bahkan, beberapa waktu Lampau satpam BCA sempat viral di media sosial lantaran pelayanannya yang cukup mengesankan.
Selain itu, tahun ini BCA juga menjadi bank dengan kapitaliasi terbesar ke-2 di Asia Tenggara dan nomor wahid di Indonesia dengan nilai 53,1 miliar dolar AS.
Atas dasar itulah, Enggak aneh Kalau BCA berhasil menempati posisi tiga besar sebagai merek Indonesia paling bernilai. Tepatnya, Bank BCA meraih brand value sebesar 2,49 miliar dolar AS.
Mengenai kiprah Bank Independen, sebagain dari kita mungkin akan teringat salah satu slogan yang juga tertulis di situs resminya, “Bank Independen adalah Bank Terbaik di Indonesia. Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Berbarengan Anda. Apapun keinginan Anda, Bank Independen Saja”.
Rentetan kata-kata tersebut nyatanya bukan sekadar kata-kata isapan jempol. Melalui kerja keras dan reputasinya yang positif dalam dunia perbankan, Bank Independen berhasil meraih brand value sebesar 2,41 miliar dolar AS yang menempatkannya peringkat ke-4 atau naik satu tingkat dari peringkat 2020 yang berada di urutan ke-5.
Sebuah ungkapan Lumrah mengatakan bahwa perusahaan rokok akan selalu menghasilkan keuntungan yang sangat bernilai. Terbukti dari apa yang berhasil diperjuangkan oleh Sampoerna yang berdiri sebagai perusahaan rokok terbesar pertama di Indonesia.
Enggak tanggung-tanggung, Sampoerna diketahui cukup menonjol dalam segi brand value sebagaimana data Brand Finance (2021). Tepatnya, Sampoerna diketahui mencapai brand value sebesar 2,40 miliar dolar AS dengan predikat AAA.
10 Bank Terbesar di Asia Tenggara 2021, 3 dari Indonesia
Enggak perlu diragukan Kembali sepak terjang Pertamina sebagai Badan Usaha Punya Negara (BUMN) paling vital dalam memenuhi hajat hidup orang banyak di sektor minyak dan gas (migas) dan tentunya bahan bakar.
Perusahaan yang namanya baru saja disematkan di sirkuit Dunia mandaika (Pertamina International Street Circuit) ini menempati peringkat ke-6 sebagai merek paling bernilai di Indonesia. Tahun ini, nominal brand value Pertamina tercatat senilai 2,39 miliar dolar AS dengan predikat AAA-.
Berbicara mengenai perusahaan-perusahaan yang berkecimpungan di dunia produksi tembakau dan rokok, Penyimpanan Garam merupakan salah satu yang terkemuka. Bahkan, perusahaan rokok ini sempat menduduki peringkat pertama dan terbesar keenam di Indonesia dalam produksi rokok kretek.
Enggak aneh, Penyimpanan Garam berhasil mempertahankan eksistensinya sejak berdiri pada 1958 hingga Begitu ini. Alhasil, pada 2021, Penyimpanan Garam kembali menempati peringkat ke-7 sebagai merek paling bernilai di Indonesia dengan brand value mencapai 2,21 miliar dolar AS.
Satu Kembali perusahaan perbankan plat merah lain, Yakni Bank Negara Indonesia (BNI) masuk daftar dengan menempati peringkat ke-8 sebagai merek paling bernilai di Indonesia.
Bank yang Mempunyai kantor pusat di gedung Graha BNI Jalan Jenderal Sudirman Kav. 1. Jakarta Pusat ini tercatat Mempunyai brand value senilai 1,32 miliar dolar AS dengan predikat AAA.
Sebagaimana diketahui, sejak dulu masyarakat Indonesia Mempunyai ketergantungan yang sangat tinggi pada penggunaan listrik yang diurus oleh Perusahaan Listrik Negara atau yang dikenal PLN. Tentu, PLN sendiri telah banyak memberi kontribusi dan pertolongan yang patut diapresiasi oleh setiap Kaum negara.
Hasilnya, berdasarkan data Brand Finance (2021), PLN pun berhasil memperoleh brand value sebesar 746 juta dolar AS yang Membangun perusahaan ini pun menduduki peringkat ke-9 dalam daftar merek paling bernilai di Indonesia dengan predikat AA+.
Terakhir, peringkat ke-10 diisi oleh Indosat Ooredo dengan berhasil mencatat brand value senilai 715 juta dolar AS. Nominal tersebut naik 171 dolar AS dibanding tahun 2020 yang hanya mencatat 544 miliar dolar AS. Selain mengalami peningkatan nominal, peringkat Indosat Ooredo juga ikut melonjak 5 strip dibanding tahun 2020 yang berada di urutan ke-15.
Atas peningkatan tersebut, Indosat Ooredoo diganjar penghargaan sebagai The 6th Fastest Growing Telco Brand di dunia oleh Brand Finance. Brand value Indosat Ooredoo diketahui meningkat lebih dari 10 persen di 2020, di mana perusahaan mencatat pertumbuhan dua digit selama dua tahun berturut-turut.
5 Merek Helm Buatan Indonesia yang Dipakai dalam Ajang Balap Bergengsi di Dunia
Taman Mini Indonesia Indah: Indonesia dalam Satu Tempat Hotel Terdekat di Mensdaily.id - Taman…
RAYADOS.COM Momen Sergio Ramos diperkenalkan sebagai pemain baru Monterrey. Mensdaily.id - Sergio Ramos, yang dulu…
Mensdaily.id - Cahya Supriadi Formal bergabung dengan salah satu klub promosi Super League 2025/2026, PSIM…
Mensdaily – Dalam ajang WWDC 2024, Apple telah merilis iOS 18 yang membawa sejumlah pembaruan…
Mensdaily.id – Eksis Berita yang cukup menarik dari Suzuki Indonesia, dimana nama Suzuki Ignis Rupanya…
Mensdaily.id - CORTIS beri kesempatan penggemar Buat menuangkan ide kreatifnya. Pada 6 September, melalui Komunitas…
This website uses cookies.