Setiap perusahaan yang Mempunyai merek dagang, tentu saja Bertanding dengan merek dagang perusahaan lain, Bagus yang berada dalam sektor pasar yang sama ataupun yang berbeda. Sederhananya, brand value adalah nilai merek yang Bisa mendorong kesediaan konsumen Kepada membeli barang dengan merek dagang tersebut.
Menurut data dari Statista, merek dengan brand value tertinggi tahun 2022 adalah Apple dengan total brand value mencapai Bilangan 947,46 Miliar Dollar. Di posisi dua dan tiga diduduki oleh mesin pencari paling mutakhir dan pasar digital raksasa, yakni Google dan Amazon. Google Mempunyai brand value mencapai Bilangan 819,57 Miliar Dollar, sementara Amazon Mempunyai brand value di Bilangan 705,65 Miliar Dollar. Tencent juga yang menjadi raja perusahaan teknologi asal China ini Mempunyai brand value nomor empat tertinggi di tahun 2022 dengan brand value mencapai 562,84 Miliar Dolar.
Tak hanya perihal brand value, perusahaan juga tentu saja harus memperhatikan nilai pasar atau market value dari perusahaannya. Secara singkat, nilai pasar atau market value adalah harga aset dari sebuah merek, bisnis, atau perusahaan itu sendiri.
Statista juga, merilis data terkait perusahaan mana saja yang Mempunyai nilai pasar atau market value tertinggi pada tahun 2022. Alphabet yang menjadi perusahaan holding bentukan Google yang menaungi usaha yang dimiliki atau bahkan terpisah dari Google menjadi perusahaan dengan market value tertinggi di tahun 2022 dengan total market value mencapai Bilangan 1.917 Miliar Dollar.
Perusahaan merek dagang dengan market value tertinggi nomor dua diduduki oleh Amazon, situs jual beli raksasa dengan total market value di Bilangan 1.691 Miliar Dollar. Di posisi ke-tiga, Terdapat perusahaan Meta yang menaungi Facebook, Whatsapp hingga Instagram dengan total market value 935,44 Milliar Dollar.